Selasa, 03 Agustus 2010

Pecahan 100 dollar seri terbaru (New $100 bill)

Pada tanggal 20 Juli 2010 kemarin, Bank Indonesia mengumumkan seri Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) yang baru dengan gambar sama dengan seri sebelumnya namun warna menjadi ungu. Pada siaran persnya Bank Indonesia menyatakan "Perubahan pada uang kertas pecahan 10.000 (sepuluh ribu) bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau up-grading yang dilakukan terutama pada warna dominan yang semula berwarna ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan". Pada umumnya diterbitkannya pecahan atau seri uang baru oleh Bank Sentral ditujukan untuk meningkatkan pengamanan agar uang tersebut tidak mudah ditiru dan dipalsukan. Begitu pula dengan di Amerika, direncanakan pada tanggal 10 Februari 2011 nanti akan diterbitkan pecahan dollar seri terbaru. Mari kita simak tulisan berikut ini untuk menambah wawasan kita.


Apa yang baru?
Benang Pengaman 3-D: Benang biru di sisi depan pecahan $100 dengan gambar lonceng dan 100.

  1. Miringkan uang kertas bolak balik atau sisi ke sisi sambil mengamati benang pengaman.Anda akan melihat lonceng berubah menjadi 100 saat digerakkan.
  2. Jika uang kertas dimiringkan sisi ke sisi, lonceng dan 100 bergerak naik turun. Jika Anda memiringkan maju dan mundur, lonceng dan 100 bergerak dari sisi ke sisi.
  3. Benang pengaman dijalin ke dalam kertas, bukan dicetak, dan menggunakan teknologi mikro terbaru. Hampir satu juta lensa mikro digunakan untuk membuat ilusi gerakan lonceng dan 100


Lonceng pada botol tinta: Lonceng dengan pergeseran warna, dalam botol tinta tembaga, di sisi depan uang kertas. Botol tinta maupun lonceng akan berwarna tembaga hingga Anda menggerakkan uang kertas $100. Miringkan untuk melihat perubahan lonceng dari warna tembaga ke hijau, efek yang membuat lonceng tampak hilang timbul dalam botol tinta.


Pada pecahan ini juga tetap terdapat fungsi pengamanan dari desain lama pada uang kertas pecahan $100 yang baru:

  1. Tanda Air Potret: Terawangkan uang kertas ke arah sumber cahaya dan perhatikan gambar tersamar Benjamin Franklin di bidang kosong sebelah kanan potret. Gambar dapat terlihat dari sisi lain uang kertas.
  2. Benang Pengaman: Terawangkan uang kertas ke arah sumber cahaya untuk melihat benang pengaman yang ditanam vertikal ke sebelah kiri potret. Kata USA yang diikuti angka 100 berderet berselang-seling dapat dilihat di sepanjang benang dari kedua sisi uang kertas. Benang akan bependar merah muda ketika diletakkan di bawah sinar ultraviolet.
  3. 100 Berubah Warna: Miringkan uang kertas untuk melihat angka 100 di sudut kanan bawah sisi depan uang kertas agar terlihat perubahan warna tembaga menjadi hijau

Bagaimana dengan seri $100 yang lama?

Tidak perlu khawatir, Karena $100 yang lama dan baru tetap berlaku dan memiliki nilai nominal yang sama. Pemerintah Amerika tidak pernah menerapkan kebijakan untuk menarik pecahan tertentu dari seri lama ketika muncul seri baru.

Sumber:

http://www.newmoney.gov/

http://www.ustreas.gov/education/faq/currency/denominations.shtml








Tidak ada komentar:

Posting Komentar