Kamis, 25 Februari 2010

Denominasi Mata Uang Dollar

Beberapa waktu ini ada beberapa pertanyaan dari masyarakat tentang mata uang Dollar dengan denominasi USD 1 juta (USD 1,000,000) apakah uang ini asli atau tidak? apakah masih laku atau tidak?

Dapat kami sampaikan berdasarkan informasi yang kami peroleh dari website
Departemen Keuangan Amerika Serikat bahwa nominal yang berlaku sebagai denominasi yang sah (legal tender) saat ini adalah $1, $2, 5$, $10, $20, $50 and $100 (small denominations).
Nilai nominal terbesar yang pernah dicetak oleh Bureau of Engraving and Printing (BEP) (Red. PERURI nya negara USA) adalah $100,000 dan diproduksi pada tahun 1934 dengan gambar Presiden Wilson sebagai salah bentuk sertifikat emas. Denominasi ini hanya digunakan untuk transaksi ofisial antara departemen keuangan dengan Federal Reserve Bank dan tidak pernah disirkulasikan kepada publik.





Selain denominasi $ 100,000 juga terdapat denominasi lainnya yang pernah diterbitkan oleh Departemen Keuangan AS yaitu $500, $1,000, $5,000 dan $10,000 (denominasi besar). Namun distribusi ini dihentikan sejak 14 July 1969 atas perintah dari Presiden Richard Nixon dengan tujuan untuk memberantas organisasi kriminal, selain itu dengan semakin berkembangnya sistem teknologi informasi maka fungsinya telah tergantikan dengan sistem transfer. Meskipun begitu denominasi tersebut masih diakui sebagai legal tender dan masih ada di masyarakat. Federal Reserve Bank masih menerima denominasi tersebut dari masyarakat dan akan menghancurkannya ketika diterima (tidak akan disirkulasikan kembali).






Bagaimana dengan nominal $1,000,000? Nominal ini adalah palsu karena baik Departemen Keuangan AS dan Federal Reserve Bank AS tidak pernah mengeluarkan denominasi ini. Hal ini sudah sering ditanyakan oleh beberapa orang kepada Departemen Keuangan dengan mengirimkan fotokopi uang denominasi tersebut. Bentuk dari uang ini adalah nonnegotiable platinum certificates dengan tulisan "One Million Dollar Special Issue". Uang kertas ini sebenarnya adalah sebuah suvenir yang dijual oleh sebuah perusahaan dengah harga $1 sebagai sebuah barang koleksi. Perlu ditegaskan bahwa uang kertas tersebut bukan uang kertas yang pernah dicetak oleh Bureau of Engraving and Printing (BEP). Sehingga tidak akan pernah bisa ditagih/diuangkan kepada Departemen Keuangan AS.





Hal ini sebenarnya mulai terungkap dan sudah diselidiki oleh BEP sejak tahun 1982. Kewenangan untuk menentukan apakah ini melanggar undang-undang atau tidak, adalah US Secret Service. Secret Service kemudian menyarankan, bagaimanapun, bahwa sertifikat ini tidak melanggar hukum Amerika Serikat sepanjang hanya untuk dicetak dan dimiliki secara pribadi bukan untuk dijadikan legal tender.





Pada prakteknya jika ada orang yang mencoba menggunakan uang ini sebagai uang sah dengan cara mentransaksikan atau menyetorkan ke Bank maka mereka dapat dikenai hukuman. Hal ini sebagaimana yang terjadi pada seorang wanita yang mencoba membayar belanjaannya senilai $1,671 di sebuah perbelanjaan di Georgia. Adapula kasus lain di Carolina pada November 2007, dengan modus membuka rekening, dan mendepositokan uang $1,000,000. Pegawai bank menolak untuk menerima uang tersebut dan menelepon polisi. Akhirnya pelaku ditahan dan dituduh melakukan perbuatan pemalsuan.





Dalam mengetahui tahun emisi mata uang dollar terdapat 2 prefix pada nomor seri uang dollar tersebut. Prefix yang pertama menunjukan tahun emisi mata uang dan prefix yang kedua adalah indikator Federal Reserve Bank yang menerbitkan uang tersebut. Untuk mengetahui ciri-ciri uang dollar asli atau palsu dapat dipelajari di website http://www.newmoney.gov/.





Demikian, mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi pengetahuan dan wawasan kita semua dalam menggunakan mata uang asing khususnya dollar Amerika.



Sumber :
SECURE MD28 TISSOR T-10 SECURE LD-26M TISSOR Banknote Counter [1020]

2 komentar:

  1. im from indonesia

    saya memiliki uang dollar peninggalan nenek sya sebesar $100,000 dollar tahun 1934. uang tersebut dalam selembar kertas,bukan dalam pecahan-pecahan.

    where can do i find the money changer here??i need someone to help me in here...please contact me...

    its a real one from my grand grand father..you can contact me via email aulia_permatasari@rocketmail.com

    thanks

    BalasHapus
  2. dimana cara menukarkan yg $10.000 bos?

    BalasHapus